Apakah
itu analisiss alokasi waktu?
Analilsisa alokasi waktu adalah pelacakan jumlah minggu
dalam semester/ tahun pelajaran terkait dengan pemanfaatan waktu
pembelajaranpada mata pelajaran tertentu. Pelacakan ini diarahkan pada jumlah
keseluruhan atau jumlah minggu tidak efektif, dan jumlah minggu efektif.
Kepastian jumlah minggu efektif pada semester atau tahun pelajaran akan
memudahkan guru dalam menyebarkan jam pelajaran pada setiap pelajaran yang
telah dipetakan sebelumnya.
Apa
saja yang perlu diperhatikan dalam analisis alokasi waktu
Hal yang perlu
diperhatikan guru dalam analisis alokasi waktu adalah sebagai berikut:
- Penentuan jumlah minggu pada setiap bulan dalam semester/tahun pelajaran dengan melihat kalender umum
- Penentuan jumlah minggu yang tidak efektif pada setiap bilan atau semester/tahun pelajaran dengan melihat kalender pendidikan.
- Penentuan jumlah minggu yang efektif pada setiap bulan dalam semester/tahun pelajaran dengan melihat kalender pendidikan.
- Penyebaran jumlah jam pelajaran pada setiap unit pelajaran yang telah dipetakan sebelumnya ( liat hasilpemetaan kompetensi dasar per unit ).
- Pengalokasian jam pelajaran untuk ulangan harian ( kalau ada ), ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.
- Pembagian jumlah waktu atau jam pelajaran efektif (dalam satu tahun atau satu semester ) kesemua unut secara proporsional dan semua jenis ulangan.
Contoh
format analisis alokasi waktu
Analisis alokasi
waktu
Mata
pelajaran :
Kelas/semester :
Tahun
pelajaran :
Jumlah
jam :
I.
Banyaknya
minggu dalam satu semester :……….. minggu
no
|
bulan
|
Jumlah minggu
keseluruhan
|
Jumlah minggu
efektif
|
Jumlah minggu
tidak efektif
|
1
2
3
4
5
6
7
|
||||
jumlah
|
II.
Banyaknya
jam efektif semester gasal/genap
no
|
Uraian / materi
Pembelajaran pokok
|
Alokasi waktu
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
||
jumlah
|
……………………,………
Mengetahui
Kepala sekolah guru mata pelajaran
………………………. ……………………………
ANALISIS ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan : SMA I T Nur Hidayah Kelas/Semester : XII/I
Mata Pelajaran : Biologi Program : IPA
|
JUMLAH PEKAN
EFEKTIF
NO
|
BULAN
|
JUMLAH
PEKAN
|
PEKAN
EFEKTIF
|
1
|
Juli
|
5
|
2
|
2
|
Agustus
|
4
|
3
|
3
|
September
|
5
|
3
|
4
|
Oktober
|
4
|
2
|
5
|
Nopember
|
4
|
4
|
6
|
Desember
|
5
|
2*)
|
7
|
Januari
|
-
|
-
|
Jumlah
|
27
|
16
|
JUMLAH PEKAN
TIDAK EFEKTIF BELAJAR
NO
|
BULAN
|
PEKAN
TIDAK EFEKTIF
|
1
|
Libur
kenaikan kelas
|
2
|
2
|
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Masa Orientasi Peserta Didik Baru
(MOPDB)
|
1
|
3
|
Libur Puasa dan Idul Fitri
|
3
|
4
|
Ujian Mid Semester
|
1
|
5
|
Ujian
Akhir Semester
ganjil
|
2
|
6
|
Remidial/Pembagian
Laporan Hasil Belajar (LHB) semester ganjil
|
1
|
7
|
Cadangan
|
1
|
Jumlah
|
11
|
JUMLAH PEKAN EFEKTIF BELAJAR
NO
|
URAIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Pekan efektif belajar
semester I (27-11 = 16 pekan)
|
16 Pekan
|
2.
|
Jumlah Jam Biologi dalam semester I (4 x 16 = 64 jam)
|
64 Jam
|
3.
|
Jumlah Cadangan dalam
Semester I (1 x 4 = 4 Jam)
|
4 Jam
|
DISTRIBUSI
ALOKASI SEMESTER I
NO
|
SK
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
20
|
2
|
2. Memahami pentingnya proses
metabolisme pada organisme
|
20
|
3.
|
3. Memahami konsep dasar dan
prinsip-prinsip hereditas serta
implikasinya pada salingtemas.
|
20
|
JUMLAH
|
60
|
*) Cadangan
sebanyak 1 pekan pada bulan Desember 2011
Mengetahui, Sukoharjo,
Juli 2011
Kepala
Sekolah Guru
Biologi
HERI SUCITRO, S.Pd. BUDI LENGGONO, S.Pd., MCH.
NIPY.
NIPY. 080402150
ANALISIS ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan : SMAIT Nur Hidayah Kelas/Semester : XII/II
Mata Pelajaran : Biologi Program : IPA
|
JUMLAH PEKAN
EFEKTIF
NO
|
BULAN
|
JUMLAH PEKAN
|
PEKAN
EFEKTIF
|
1
|
Januari
|
4
|
3
|
2
|
Februari
|
4
|
4
|
3
|
Maret
|
5
|
4
|
4
|
April
|
4
|
2*)
|
5
|
Mei
|
4
|
4
|
6
|
Juni
|
5
|
-
|
Jumlah
|
26
|
17
|
JUMLAH PEKAN
TIDAK EFEKTIF BELAJAR
NO
|
BULAN
|
PEKAN
TIDAK EFEKTIF
|
1
|
Libur
Umum/Khusus/Libur Semester
|
1
|
2
|
Try
Out Ujian Nasional I
|
1
|
3
|
Ujian Mid Semester
|
1
|
4
|
Ujian Akhir Semester genap (Ujian Kenaikan Kelas/UKK)
|
2
|
5
|
Try
Out Ujian Nasional II
|
1
|
6
|
Ujian
Nasional dan ujian Sekolah
|
2
|
7
|
Cadangan
|
1
|
8
|
Remidial/Pembagian
Laporan Hasil Belajar (LHB) semester genap
|
1
|
9
|
Libur
kenaikan kelas/semester genap
|
1
|
Jumlah
|
11
|
JUMLAH PEKAN EFEKTIF BELAJAR
NO
|
URAIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Pekan efektif belajar
semester II (26 – 11 = 15 pekan)
|
15 Pekan
|
2
|
Jumlah Jam Biologi dalam semester II (4 x 15 = 60 jam)
|
60 Jam pel
|
3
|
Jumlah Cadangan dalam
Semester II (1 x 4 = 4 Jam)
|
4 Jam pel
|
DISTRIBUSI
ALOKASI SEMESTER II
NO
|
SK
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
1. Memahami teori evolusi dan implikasinya
pada salingtemas
|
26
|
2
|
2. Memahami prinsip-prinsip
dasar bioteknologi dan implikasinya pada salingtemas
|
16
|
JUMLAH
|
42
|
*) Cadangan
sebanyak 1 pekan pada bulan April 2012
Mengetahui, Sukoharjo,
Juli 2011
Kepala
Sekolah Guru
Biologi
HERI SUCITRO, S.Pd. BUDI LENGGONO, S.Pd., MCH.
NIPY.
NIPY.
080402150
Tidak ada komentar:
Posting Komentar